Tips Memilih ISP untuk Usaha Kamu

Dipublish pada 02 August 2023

Agar proses komunikasi dan pencarian informasi berjalan dengan lancar setiap hari nya, kamu perlu dukungan Internet Service Provider yang berkualitas. Dengan dukungan konektivitas yang baik, kegiatan sehari-hari seperti bekerja, edukasi dan entertaiment pun dapat diakses dengan mudah secara bersamaan. 

Selain itu, akses internet yang baik pun dapat mendukung usaha seperti cafe, hotel maupun resto dalam memberikan layanan terbaik untuk pelanggan termasuk menyediakan fasilitas internet berkualitas yang telah menjadi kebutuhan utama setiap individu. Dengan pengalaman layanan yang baik, dapat menjadikan pelanggan memberikan impresi untuk datang kembali ke tempat kamu. Karena ketersediaan hotspot area/wifi akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi tempat tersebut. Tidak heran bila resto atau pusat perbelanjaan yang menyediakan hotspot area akan selalu ramai oleh pelanggan.

Untuk memilih Internet Service Provider yang berkualitas, berikut tips nya:

  1. Ketahui Kebutuhan Internet: Sebelum memilih layanan ISP untuk usaha mu, lakukan riset seberapa besar kecepatan yang kamu butuhkan. Agar kapasitas bandwidth memadai dan tidak terjadi pelambatan koneksi saat internet digunakan secara bersamaan. 
  2. Infrastruktur: Sekarang ini, penyedia layanan internet service provider mayoritas menggunakan kabel Fiber Optik sebagai media transmisi jaringan. Teknologi Fiber Optik merupakan pilihan yang paling cepat, andal dan juga stabil yang bisa digunakan karena teknologi ini dapat melakukan transfer data yang sangat tinggi, dengan kapasitas besar. Namun, apabila jaringan infrastruktur fiber belum memungkinkan di daerah mu, maka kamu bisa mencari jaringan infrastruktur yang tersedia di lokasi sekitar, seperti teknologi wireless, VSAT ataupun lainnya. 
  3. Profil Perusahaan: Lakukan riset terhadap perusahaan ISP yang akan menjadi pilihanmu, lihat reputasi perusahaan tersebut apakah mereka mendapatkan testimoni yang baik dari pelanggan, bagaimana kinerja pelayanan nya, dan apakah perusahaan tersebut bertanggungjawab terhadap gangguan yang terjadi.
  4. Support / After Sales: Sebagai penyedia layanan ISP, penyedia jasa biasanya memberikan after sales services, berupa customer service 24/7, technical support / help desk, dan support automation. Dimana di dalam nya terdapat teknisi yang akan memantau secara proaktif sehingga pengguna layanan ini tidak perlu khawatir akan kendala jaringan. Jaringan nirkabel perusahaan akan dipantau secara terus-menerus oleh tim Network Operation Center.
  5. Ketahui Harga: Tentukan budget, masing-masing ISP memberikan penawaran harga dengan kelebihan dan fitur yang berbeda, sesuaikan besaran layanan sesuai kebutuhan mu. 
  6. SLA Agreement: Service Level Agreement merupakan standar yang harus dipenuhi oleh penyedia jasa layanan kepada pelanggan nya. Dengan adanya SLA, setiap pihak akan memiliki hak dan kewajiban nya masing-asing, terlebih bagi penyedia jasa yang harus memberikan jaminan dalam hal kecepatan, ketersediaan, dan dukungan teknis layanan internet.

Dalam rangka menjaga kualitas dan kelancaran jaringan, ISP biasanya melakukan pemeliharaan rutin dan memperkuat infrastruktur mereka. Namun, kadang-kadang kendala teknis atau faktor luar seperti bencana alam dapat menyebabkan gangguan jaringan. Untuk itu, ISP berusaha untuk merespons dengan cepat dan memberikan informasi yang jelas tentang masalah yang sedang terjadi serta tindakan perbaikan yang akan diambil.

Adapun dampak positif bagi pelaku usaha ketika jaringan internet berjalan dengan baik, yaitu:

  • Pelanggan memiliki pengalaman online yang baik ketika datang ke tempat usaha kalian
  • Produktivitas baik pekerja internal maupun pelanggan yang datang meningkat
  • Entertaiment bagi pelanggan berjalan dengan baik
  • Tempat usaha akan menjadi top of mind ketika pelanggan mencari opsi tempat untuk bepergian

Beberapa poin di atas mungkin bisa menjadi preferensi sebagai bahan pertimbangan bagi kamu untuk memilih Internet Service Provider. Dengan memilih Internet Service Provider yang baik untuk tempat usaha mu, pelanggan akan mengingat dan mendapatkan pengalaman internet yang lebih menyenangkan dan produktif saat berselancar di dunia maya. 

Berdiri sejak tahun 2004, PT Arsen Kusuma Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Arsen telah berpengalaman lebih dari 15 tahun di bidang penyedia jasa internet & IT services di Indonesia, dan akan terus meningkatkan pelayanan nya kepada para pengguna layanan, agar dapat mendukung koneksi terbaik untuk para pelaku usaha.